Hasi Cetak Printer Canon Tidak Lurus

Cara mengatasi hasil cetakan printer canon tidak lurus. Jika, seandainya, andaikata sobatkuh menjumpai hasil cetak print tidak lurus atau belok belok pada printer canon, jangan terburu buru ganti cartridnya. Hasil print atau cetakan tidak lurus memang bagian dari kekurangan dan sering terjadi pada printer canon. Ini terjadi karena beberapa hal salah satunya plastic pita(encoder) panjang kotor bisa juga terkena tinta pada cartridge.

Biasanya kalau Plastic panjang (sensor encoder) yang melintang di dalam printer ini jika kotor akan mempengaruhi hasil cetakannya. Sensor Encoder ini berfungsi untuk mengatur atau membuat hasil cetakan vertical atau cetakan garis lurus. Adapun decoder (lempeng plastic bulat) biasanya samping kiri printer canon berfungsi sebagai pembuat garis horizontal atau lurus kebawah.

Untuk mengatasi hasil cetakan tidak lurus sangatlah gampang. Anda tinggal bersihlan mika panjang tersebut dengan tisu yang di basahi air. Kadang kala encoder yang sudah di bersihkan tetap saja tidak bisa, jika iya, anda bisa mengantinya dengan yang baru. Encoder yang sudah terkena tinta biasanya sulit dibersihkan. Anda tinggal ganti encoder yang sejenis. Untuk membersihkan sensor ini sobat sebaiknya hati-hati, karena jika di bersihkan terlalu keras akan menghapus garis-garis yang ada di encoder tersebut. Sebaiknya di gosok dengan pelan saja.

Berikut gambar encoder dan decoder canon

Jika semua sudah di bersihkan hasil masih tidak lurus, bisa jadi cartridnya. Namun sepengetahuan saya ini jarang terjadi. Sebelum melakukan pergantian sebaiknya anda mencoba cara diatas. Hasil cetakan tidak lurus akan sangat kelihatan ketika kita menggunakan exel atau cetakan tabel. Untuk cetakan tulisan biasa (selain tabel ) mungkin tidak kelihatan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba cara diatas dulu. Cara membersihkannya cukup mudah sobat. Sobatkuh tinggal buka kap atas atau tutup printer canon anda dan bersihkan pelan-pelan dengan tisu yang sudah di basahin. Selamat Mencoba Sobat Semoga Bisa Membantu...!!!  :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url