PENGERTIAN PRINTER, JENIS DAN FUNGSINYA

Dokter Printer - Pada dasarnya semua orang mengetahui bagaimana bentuk printer, namun banyak orang yang belum benar-benar paham apa itu Fungsi dari sebuah Printer. Dalam kamus Bahasa Indonesia Printer diartikan sebagai PENCETAK. Dimana printer adalah sebuah perangkaat keras atau hardware yang di hubungkan ke perangkat komputer atau pun Laptop untuk mencetak sebuah FILE, baik itu berupa TULISAN,  PHOTO atau GAMBAR. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi  kini printer bisa kita temukan dengan berbagai merk dan jenisnya.

Setelah memahami apa itu definisi printer sobat blog Dokter Printer juga perlu mengetahui tentang jenis serta fungsi dari printer. Berikut ini jenis-jenis printer beserta fungsinya :
  1. PRINTER INKJET, Adalah merupakan jenis printer yang paling umum ditemui dan dipakai oleh khalayak umum. Printer jenis ini memiliki cara kerja menyemprotkan tinta keatas kertas untuk membentuk Tulisan atau Gambar, proses tersebut terjadi akibat adanya sebuah plat Magnet yang mengalirkan tinta keatas kertas sesuai dengan pola yang diperintahkan oleh komputer. Untuk Kualitas hasil cetak atau print printer inkjet hampir sama dengan printer Laser jet. Kualitas Standart printer inkjet yaitu 300dpi.
  2. PRINTER LASER JET, adalah Jenis Printer yg cara kerjanya yaitu laser disinarkan ke sebuah drum untuk membentuk pola Tulisan atau Gambar yang nantinya akan dicetak keatas kertas. Sehingga Drum tersebut berputar-putar melalui toner sehingga akan terkombinasi antara tekanan panas dan proses pencetakan akan terjadi.
  3. PRINTER LED/LCD, Yaitu Merupakan jenis printer yg hampir sama dengan printer Laser, namun untuk printer ini prosesnya menggunakan Light - Emiting - Dioda. Printer jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas lebih baik.
  4. PRINTER DOT MATRIX, printer yang menggunakan pita dan set pin yang tertata rapi untuk mencetak huruf serta karakter lainnya. Printer Dot Matrikk ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan mesin TIK konvensional. Kemudian printer tipe dotmetrik ini memilliki kecepatan cetak 50 hingga 500 karakter per detiknya. Jumlah Pin atau jarum yang dipakai juga bervariasi antara 9 pin sampai 24 pin/jarum.
  5. PRINTER SOLID INK, Merupakan jenis dari jenis printer yang dalam proses pencetakkannya menggunakan jenis tinta namun sudah dililinkan.Cara kerja printer ini yaitu melelehkan tinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat selanjutnya dipindahkan ke sejenis Drum/silinder dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum melakukan pencetakan kemedia kertas.
  6. PRINTER DYE SUBLIMATION, Merupakan jenis printer yang telah banyak digunakan dalam senis Grafis, sebagai pencetak benda keras seperti : MUG atau Souvenir keras lainnya.
  7. PRINTER PORTEBEL, adalah jenis printer yang memiliki kemampuan cetak dengan resolusi cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa.
  8. PRINTER PLOTTER, Merupakan jenis atau tipe printer yang memiliki tingkat cetak sangat akurat dalam proses pencetakannya. Printer jenis ini biasanya mempunyai ukuran fisik besar dan biasanya untuk mencetak gambar-gambar para Arsitek atau Insinyur.
  9. PRINTER PHOTO DIGITAL, adalah Merupakan jenis printer yang biasa dipergunakan oleh seorang Photografer untuk mencetak Photo dengan kualitas Tinggi.
  10. PRINTER ID CARD, adalah merupakan jenis dari printer yang digunakan untuk mencetak ID CARD.
  11. PRINTER POS (Point of Sale), adalah jenis atau tipe Printer yang banyak kita temukan di toko-toko atau swalayan, untuk mencetak data transaksi, dan printer ini terhubung langsung dengan laci penyimpan uang otomatis.
Mungkin itu tadi sobatkuh semua sekelumit tentang Pengertian Printer, Jenis-jenis Printer Beserta fungsinya, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan sahabat Dokter Printer tentang printer, terima kasih.... :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url