Kerusakan yang sering Terjadi pada Printer Epson LX-300, LX300+II dan Cara Mengatasinya

Bismillah, As-salamu'alaykum..hai sahabat dokter printer dimana pun anda berada bagaimana kabar kalian? Semoga anda selalu dalam keadaan sehat dan dimudahkan dalam semua urusan, Amien..!. Di kesempatan kali ini saya akan bagikan artikel tentang 'Kerusakan yang sering terjadi pada Printer Epson LX-300, LX300+II dan solusi untuk mengatasinya'. Printer Epson LX300 maupun LX300+II adalah salah satu printer dotmetrix buatan EPSON yang sering digunakan untuk mencetak transaksi pembayaran seperti pembayaran listrik PLN, kantor notaris, koperasi, pertokoan, dan masih banyak lagi. Pada Dasarnya Printer seri LX-300 ini cara kerjanya adalah menggunakan pita dan set pin yang tertata rapi untuk mencetak huruf-hurufnya.

Epson LX300 dan juga LX300+II adalah merupakan printer epson buatan manusia yang juga tidak lepas dengan yang namanya trouble atau kerusakan. Maka pada kesempatan kali ini kita akan bahas kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada printer ini sekaligus bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini jenis kerusakan yang sering terjadi.

A. Mati Total atau Lampu hanya menyala saja
  • Cek power suplay, Jika rusak atau mati lakukan penggantian dengan yang baru atau kenibalan yang masih bagus.
  • Jika Power suplay di cek dalam kondisi bagus printer tetap tidak bisa menyala, Cek Mainboardnya dengan mengganti IC bios atau PROM nya biasanya berbentuk socket dan mudah dilepas dengan mencongkel kakinya.
  • Kemudian silakan lakukan penggantian juga pada sebuah IC dengan kode E01A09BB.
B. Pencetakan tidak sesuai dengan perintah
  • Coba Cek Soket LPT yang terletak dibawah mekanik dan biasanya ada solderan yang lepas, kalau lepas silahkan lakukan penyolderan ulang.
  • Cek juga kabel-kabel yang menghubungkan antara port LPT ke Mainboard printer
  • Lakukan penggantian IC kaki delapan dengan no. seri 93C46
  • Lakukan penggantian juga pada IC 14 dengan no. seri 74LS05
C. Hasil Cetak tidak Penuh atau ada celah Putih di Tengah Tulisan
  • Lepas dan cek jarum headnya, lihat dan hitung jumlah jarum head dari depan kalau normal akan terhitung 9 pin, jika ternyata kurang maka lakukan penggantian jarum.
  • Selanjutnya silahkan sobat cek spul head, untuk normalnya nilai hambatanya adalah 35omh, disini ada 9 spul dan cek satu persatu.
  • Cek kabel data flexible yang menancap di head, jika ada yang putus maka lakukan penggantian dengan yang baru atau 2nd tapi masih bagus.
  • Cek juga transistor-transistor yg di mainboard, biasanya ada 9 buah cara mengukurnya yang terpenting di AVO METER tidak menunjukkan angka NOL (0).
  • Silakan sobat cek juga jalur dari soket kabel fleksibel yg menghubung ke transistor.
  • Silakan Cek jalur soket dari kabel flexible ke IC E01A09BB melewati tahanan 751omh.
Demikianlah sobar printer kerusakan-kerusakan yang sering terjadi dan kita temuai pada printer dotmetrix LX300 dan LX300+II, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat dokter printer semuanya yang sedang mengalami masalah dengan indikator yang telah saya sebutkan diatas. Sekian dulu tulisan saya kali ini, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi di Tips dan Trik dokter printer selanjutnya...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url