Tips atau Cara Berhasil Mengatasi Paper Jam Printer Canon Ip2770, Ip2870, Mp237, Mp258 dan Mp287

Bismillah, Assalamu'alaikum...Selamat siang sahabat dokter printer dimanapun anda berada, Selasa 8 November 2016 berjumpa lagi dengan saya di dokter printer. Pada kesempatan siang hari ini saya akan Share untuk sobat semuanya tentang 'Tips atau Cara Berhasil dalam mengatasi masalah Paper Jump pada printer Canon'. Triks yang akan saya jelaskan nanti bisa anda terapkan di berbagai printer merk Canon diantaranya Canon ip2770, ip2870, mp237, mp258 dan mp287. Bagaimana apakah anda tertarik dengan Tips yang akan saya jelaskan? Jika jawaban anda iya mari kita langsung menuju tempat terjadinya permasalah (TKP).

Printer canon adalah printer yang sangat familier di kalangan masyarakat indonesia, paling digemari dan paling diminati. Karena printer canon telah memberikan bukti kualitas dan kehandalan dalam hal cetak mencetak dibandingkan dengan printer merk lainya di kelasnya. Walau begitu Printer Canon juga tidak lepas dari yang namanya Trouble/Rusak, akan tetapi printer ini lebih unggul dibandingka printer lainya karena printer canon dilengkapi dengan code-code error yang akan memudahkan anda dan para teknisi printer dalam memcahkan masalah yang sedang dialami oleh printer yang bermasalah. Namun pada kesempatan kali ini pembahasan akan kita cukupkan dengan permasalahan paper Jump atau pesan error support code : 1300.


Indikasi Awal
Untuk kasus ini indikasi awal nya adalah ketika kita menghidupkan printer canon, tiba-tiba printer mengalami blinking dan kalau printer kita hubungkan dengan komputer atau laptop maka di layar monitor atau lcd kan menampilkan pesan error support code : 1300 dengan keterangan 'Paper is jammed'. Kemudian ada perintah tekan resume, akan tetapi ketika kita menekan tombol resume kertas keluar cepat tapi tidak ada cetakan alias kertas kosong, atau bisa juga kertas tidak mau berjalan alias kertas macet.

Cara Mengatasinya
Untuk cara mengatasi printer paper jamm maka kita harus melakukan pengecekan atau melakukan analisa terhadap printer secara teliti, jeli dan mencari penyebabnya. Berikut ini adalah hasil dari analisa dan pengalaman saya dilapangan yang sering menyebabkan printer canon mengalami 'Paper Jamm' :
  1. Cek Mekanik bagian Sensor dan Roll printer. Lihat apakah disitu ada benda atau kotoran yang membuat mekanik tidak bekerja dengan sempurna. Bila ada silahkan ambil dan bersihakan.
  2. Sensor Printer Trouble. Coba anda ganti sensor baru atau bisa dengan kanibalan yang kita yakin masih bagus.
  3. Silahkan sobat Cek Plastik sensor yang ada pegasnya bentuknya kecil warna hitam. Kalau sudah Aus ganti dengan yang baru.
  4. Cek Karet Roll. Karet ini fungsinya untuk menarik kertas, jika Karet ini sudah tipis biasanya kerta sulit bahkan tidak bisa menarik kertas. Kalau sudah tipis silahkan ganti karetnya dengan yang baru.
  5. Langkah Terakhir Anda Cek Mekanik Roll dan Perhatikanlah ada mekanik yang patah apa tidak kalau ada ganti mekanik yang patah dengan yang baru atau kenibalan yang masih bagus.
 Berikut ini adalah gambar bagian-bagian Printer yang perlu anda cek ketika printer mengalami paper jamm :

 Seonsor Kertas


Sensor Plastik



Demikianlah Tips dan Trik Cara mengatasi printer Canon ip2770, ip2870, mp237, mp258 dan mp287 Mengalami masalah Paper Jamm. Semoga penjelasan diatas bisa di fahami dan mudah untuk di praktekkan. Sekian postingan saya hari ini sampai jumpa lagi di trik-trik berikutnya, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi sebagai bahan catatan dan umumnya untuk sobat setia blog dokter printer. Tidak lupa juga saya sampaikan banyak terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini, semoga anda merasa nyaman dan mendapatkan apa yang anda cari :).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url