Cara Service Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak bisa Konek dengan Komputer atau Laptop

Bismillah, assalamu'alaikum,,,selamat berhari libur sahabat, semoga liburan anda hari ini lancar dan memberikan kesan yang indah. Pada kesempatan hari ini 18 desember 2016 dalam mengisi liburan, saya akan menulis dan share artikel tentang 'Cara Service Printer Dotmatrix LQ-2190 yang tidak bisa terkonek dengan komputer atau Laptop'. Semoga apa yang saya tulis dan share ini nantinya bisa bermanfaat bagi diri saya pribadi sebagai bahan catatan dan umumnya untuk sahabat dokter printer semuanya.

Apakah anda adalah pengguna atau penggemar printer dotmatrix, dan pernahkan anda mengalami masalah dengan printer LQ-2190 anda tidak bisa terkoneksi dengan Komputer atau Laptop? Jika pernah dan mungkin saja saat ini anda sedang mengalaminya maka anda sangat beruntung sekali bisa terdampar di pulau dokter printer ini. Karena di blog ini saya akan memberikan dan berbagi trik dan tips dengan anda.


Permasalahan printer LQ-2190 tidak bisa terkoneksi dengan komputer atau laptop itu ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Untuk mengalanisanya kita harus melakukanya dari hal yang mudah ketingkatan yang sulit, dalam hal ini dibutuhkan sedikit kemampuan teknis. Berikut ini urut-urutan cara menservice printer LQ-2190 tidak bisa terkoneksi dengan komputer :
  • Cek Kabel USB dan LPT Parallel, ini adalah langkah yang paling mudah yaitu dengan mengganti terlebih dahulu kabel koneksinya (USB atau LPT) dengan kabel yang kita tahu benar-benar bagus. Setelah itu coba printer LQ anda untuk mencetak dokumen, jangan sampai cuma karena kabel data saja yang bermasalah anda harus repot-repot membawa printer anda ke tempat service, jika tidak bisa maka anda lanjutkan langkah berikutnya.
  • Cek Driver Printer Anda, ini adalah langkah mudah kedua yang harus anda lakukan. Pastikan driver printer anda bisa bekerja dengan normal. Pada kasus tertentu terkadang driver bisa rusak karena virus pada komputer atau windows bermasalah. Jika perlu hapus dulu driver printer dan isntall dengan driver yang baru dan lakukan pengetesan.
  • Cek Port USB pada komputer atau Laptop anda. Jika dengan kedua cara diatas masalah masih tetap ada maka kita lanjutkan dengan mengecek port usb komputer anda. Jika ternyata port bagus dan printer tetap tidak bisa terkoneksi dengan komputer maka selanjutnya lakukan tips terakhir berikut ini.
  • Jika dengan ketiga langkah diatas printer tetap saja tidak bisa terkoneksi dengan komputer maka bisa dipastikan bahwa yang rusak dari printer LQ-2190 anda adalah MAINBOARD nya. Dalam hal ini dibutuhkan keberanian dan kemampuan teknis untuk dapat mengatasinya, karena kita mau tidak mau harus membongkar printer dan mengambil mainboardnya untuk kemudian kita analisa dan kita cari komponen yang rusak. Sesuai dengan pengalaman saya dilapangan masalah printer LQ-2190 tidak bisa terkoneksi dengan komputer adalah disebabkan karena IC LVCZ161284A. Untuk itu silahkan ganti IC tersebut dengan kanibalan yang masih bagus atau dengan yang baru.
Demikianlah Cara dan urut-urutan mengatasi Printer LQ-2190 yang tidak bisa terkoneksi dengan komputer atau laptop, semoga bisa bermanfaat. Sekian postingan saya hari ini dan terima kasih banyak atas kunjungan anda, sampai jumpa lagi di Trik and Tips dokter printer berikutnya... daa.... ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url