Cara Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300, dan L1800 Lambat Dalam Mencetak

Bismillah, assalamu'alaikum...selamat malam sahabatku semuanya dimanapun anda berada, pada kesempatan malam hari ini saya akah share kepada pembaca sekalian tentang 'Cara Mengatasi Printer Epson seri T1100, 1390, L1300 dan L1800 lambat dalam menjalankan pencetakan'. Printer Epson seri-seri yang telah saya sebutkan diatas adalah jenis printer bisnis yang sering digunakan oleh mereka-mereka yang mempunyai usaha percetakan, karena printer diatas tergolong printer A3. Printer Epson seri T1100, 1390, L1300 dan L1800 series ini untuk print headnya juga telah support dengan tinta jenis Art Paper dan Sublimasi.

Para pengusaha percetakan biasanya menggunakan tinta jenis Art paper karena cetakan yang dihasilkan bisa bertahan lama (bisa 5 tahun) tidak luntur. Ya walau bagaimanapun kehebatan sebuah printer, seiring dengan berjalanya waktu pasti akan mengalami dengan yang namanya penurunan kemampuan. Jangankan printer andapun yang saat ini mungkin bisa dibilang perkasa (Baca : otot kawat balung tok...hehehe), seiring berjalannya waktu juga akan mengalami masa tua, bahkan pensiun untuk selama-lamanya, betulkan?

Pada artikel ini yang akan saya bahas adalah tentang Bagaimana cara mengatasi printer epson T110,1390, L1300, dan L1800 cetak print nya lambat (atau melambat). Jadi penjelasanya begini, ketika kita menggunakan printer ini pada proses pencetakan lembar 1-5 mungkin normal, akan tetapi setelah itu pencetakan tiba-tiba menjadi melambat tidak secepat ketika mencetak lembar 1-5 tadi. Untuk mengatasi hal ini mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Mengganti Motor Carriage (Motor yang tugasnya menggerakkan print head ke kanan dan kekiri).
  2. Mengganti Print Head, hal ini terjadi dan harus kita ganti karena panas ketika melakukan proses pencetakkan.
  3. Mengganti kabel Sensor Carriage atau sebuah sensor yang tugasnya membaca timing Slit strip Encoder.
  4. Mem-Flash ulang eprom dengan software.
  5. Mengganti Mainboard dengan versi baru (original box), jangan memakai yang second atau refurbish. karena kita tidak mengetahui kondisi printer sebelum mainboard dilepas, jadi saya sarankan jangan tergiur dengan harga murah. Karena kondisi mainboard yang sudah tidak prima lagi bisa mengakibatkan print head rusak.
Setiap kasus printer jadi melambat saat mencetak memang berbeda-beda penyebabnya, oleh karena itu dibutuhkan analisa dengan kita mencoba part yang sudah saya sebutkan satu persatu. Mungkin bagi anda yang ragu-ragu akan kemampuan anda saya sarankan untuk membawanya ke tehnisi yang ahli dalam permasalah tersebut. Karena bisa dibilang harga part dari printer tersebut cukup mahal jika sampai terjadi kecelakaan pada waktu penanganan.

Demikianlah sobatkuh Tips dan Trik bagaimana cara mengatasi printer epson seri T1100,1390, L1300 dan L1800 mengalami masalah melambat pada saat proses pencetakan. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat khususnya bagi saya sebagai bahan catatan dan umumnya bagi anda sahabat dokter printer. Akhirnya sekian dari saya dan terima kasih atas kunjungan anda ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url