Tips Cara Mengatasi dan Menganalisa Printer Tidak Bisa Mencetak

Bismillah, as-salamu'laikum,,, selamat siang sahabat blog dokter printer dimanapun anda berada. Pada kesempatan siang hari ini 10 April 2017, saya akan share tentang 'Tips Cara Mengatasi dan Menganalisa Printer Tidak Bisa Mencetak'. Pernahkan anda mengalami masalah dengan printer tiba-tiba tidak bisa mencetak ketika kita gunakan untuk mencetak dokumen dan sejenisnya?

Tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan bukan? Jika hal ini terjadi pada anda, saya sarankan anda untuk tetap tenang, tidak usah panik, karena terkadang kepanikan itu akan mematikan akal sehat kita. Disini saya akan mencoba membagikan sedikit pengalaman saya kepada anda tentang bagaimana cara mengatasi dan menganalisa printer tidak bisa mencetak.

Berikut dibawah ini beberapa Tips yang bisa anda coba untuk menganalisa, menemukan masalah, sekaligus bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut :

Tips Mengatasi Printer Tidak bisa Mencetak

1. Periksa Sumber Listrik
Periksa koneksi printer anda dengan jaringan listrik. Pastikan kabel power printer bagus dan telah dicolokkan ke konektor (stop kontak) listrik dengan sempurna.

2. Pastikan sakelar on-off' printer atau tombol switch on printer dalam posisi 'ON'.
Permasalahan yang diakibatkan oleh tidak adanya power (arus listrik) untuk printer ini biasanya ditandai dengan tidak menyalanya LED (lampu indikator) dari printer tersebut, selama printer tersebut menggunakan LED untuk indikator power. Untuk printer tertentu ada yang tidak pakai indikator atau lampu LED. Sebagai contohnya printer-printer model lama : Canon bjc seri 1000, s100, s200, bjc2000sp, 2100sp dst ( pastikan waktu kabel power dicolokkan pada printer ada pergerakan motor stepper yang menggerakkan head ke kiri dan ke kanan aktif atau gerak, kalau tidak bergerak sama sekali biasanya kerusakan pada power suplay. Tapi seandainya kita dicek di power suplaynya ternyata bagus dan pada saat kabel interface USB nya dicolokkan ke komputer dan terdeteksi berarti printer bermasalah pada mainboardnya.

3. Silahkan sobat Periksa sambungan kabel data printer, apakah sudah terhubung dengan port pararel / port USB di komputer dengan benar?

4.Cobalah untuk menggunakan kabel data printer yang lain sebagai percobaan/analisa. Pernah juga terjadi kasus yang sama yang diakibatkan oleh putusnya salah satu kabel atau soderan tembaga dari salah satu kabel ada yang retak dan tidak terkoneksi lagi sehingga data dari komputer tidak dapat sampai ke printer.

5. Pastikan Driver printer anda telah terinstall dengan benar dan tidak terjadi konfik dengan printer lain.

6. Pastikan anda telah memilih driver yang tepat untuk seri printer yang anda gunakan waktu mencetak

7. Pastikan anda telah memilih port (colokan) yang tepat untuk printer anda. Untuk Opsi bisa anda lihat di menu printer properties.

8. Gunakan aplikasi teks editor standard yang ada di sistem operasi anda untuk mencetak sesuatu (misalnya notepad). Andai aplikasi teks editor sobat dapat mencetak, maka kemungkinan besar kesalahan bukan pada printer anda.

9. Rubahlah settingan atau konfigurasi dari printer anda menjadi Default Printer atau cobalah untuk melakukan instalasi ulang driver untuk printer anda dengan nama printer yang lain dan ubahlah instalasi baru tersebut sebagai Default Printer.

10. Pastikan anda memiliki space hardisk yang mencukupi. Terkadang jika buffer (Space Hardisk) tidak cukup maka data tidak dapat dikirim ke printer dengan sempurna.

11. Coba anda periksa apakah ada bagian yang konflik dengan port yang digunakan oleh printer anda. Caranya Gunakan bantuan hardware troubleshooter apabila terjadi konflik. Masalah ini mungkin bisa juga disebabkan oleh port komputer anda yang bermasalah. Cara berikut dilakukan guna mengetahui letak permasalahan. apabila langkah-langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar namun tidak menemukan 'titik terang', cobalah untuk memindah koneksi port printer anda ke port lain (misalnya USB1 ke USB3) atau cobalah printer anda di komputer lain.

Demikianlah 'Tips danTrik Menganalisa dan Mengatasi Printer tidak bisa mencetak sebuah dokumen atau yang sejenisnya'. Semoga apa yang saya tulis pada kesempatan siang hari ini bisa bermanfaat bagi diri saya pribadai sebagai bahan catatan dan umumnya buat anda sahabat dokter printer. Sekian dari saya terimakasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa lagi di Tips and Trik berikutnya. See u ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url