Cara atau Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse Head tidak Putus

Bismillah, assalamu'alaikum...selamat siang sahabat dokter printer semuanya, pada kesempatan siang hari ini 26 Desember 2016, untuk mengisi waktu luang saya akan share kepada anda semuanya tentang 'Cara atau Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse (Sekring) tidak Putus'. Hal ini sengaja saya tulis karena ada beberapa teman yang mengeluhkan tentang sering putusnya fuse (sekring) Mainboard Printer epson ketika di lepas dan dipasang kembali. Semoga artikel ini nantinya sedikit banyak bisa membantu dan minimal bisa mengurangi resiko tersebut.

Proses Melepas dan memasang kembali sebuah Mainboard Printer mungkin bagi seorang teknisi adalah sebuah hal yang mudah, akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka telah menggunakan teknik yang aman dan benar? apakah tekniknya tidak membahayakan sparepart lain? Disini saya akan saya bahas cara melepas dan memasang kembali mainboard printer agar fuse atau sekring Head tidak putus.

Saya telah melakukan survai dengan melihat langsung dilapangan ternyata banyak teknisi yang melepas mainboard printer Epson khususnya, mereka tidak menggunakan teknik yang benar dan mengabaikan faktor keamanan sparepart lainya. Disini akan saya jelaskan urut-urutan cara melepas dan memasang kembali mainboard agar fuse tidak putus.

Berikut ini adalah urut-urutannya dan hal ini sudah terbukti ampuh menjaga Fuse Head Printer Epson tidak putus dan hal ini juga sudah menjadi SOP untuk para teknisi printer :

Teknik Melepas Mainboard Printer :
  1. Lepas kabel Power printer dan Usb printer.
  2. Bongkar Casing printer secara hati-hati.
  3. Kemudian Lepaskan kabel socket yang terhubung langsung dengan power suply printer, agar mainboard benar-benar steril dari aliran listrik.
  4. Lepas kabel panel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Langkah yang terakhir baru anda lepas kabel Printer Head yang terhubung pada mainboard printer anda.
Teknik Memasang Mainboard Printer :
  1. Langkah Pertama Pasangkan Mainboard pada tempatnya dan pastikan semua baut terpasang dengan baik.
  2. Jangan hubungkan dulu kabel kabel power AC ke power suply.
  3. Pasangkanlah kabel socket yg dari power supply yang terhubung pada mainboard terlebih , karena sparepart lain belum terhubung dengan mainboard maka hal ini tidak menimbulkan potensi kerusakan.
  4. Pasangkan kabel-kabel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Langkah Terakhir Silahkan pasangkan Kabel Print Head yang terhubung pada mainboard printer, jika Kabel print head dipasangkan terlebih dahulu sebelum kabel power supply biasanya akan menimbulkan percikan bunga api karena ada sisa-sisa tegangan pada power supply, jika hal ini terjadi 90%  kemungkinan fuse akan putus dan tentunya akan menambah masalah baru.

Demikianlah penjelasan tentang 'Cara atau Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse tidak Putus'. Semoga bisa bermanfaat bagi saya sebagai pengingat dan anda semua sahabat dokter printer dalam melakukan pelepasan dan pemasangan kembali mainboard printer epson. Sekian dari saya dan terima kasih atas kunjungan anda.....sampai jumpa lagi di Tips and Trik berikutnya...ikuti terus perkembanganya ya... ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url