Cara dan Tehnik Memasang Tabung Infus Printer Canon IX6560 ala Dokter Printer

Bismillah, assalamu'alaikum...selamat siang sahabat dokter printer dimanapun anda berada, pada kesempatan siang hari ini tanggal 27 Desember 2016, saya akan share buat sahabat-sahabatku semuanya yaitu artikel tentang 'Tips dan Tehnik Cara Memasang Tabung Infus Printer Canon IX6560 ala Dokter Printer'. Jika sobaat adalah pemilik dari printer canon seri ix6560 maka artikel ini mungkin bisa bermanfaat jika anda ingin memasang tabung infus pada printer anda.

Printer Canon IX6560 adalah Produk dari vendor Canon yang di buat untuk generasi penerus dari printer canon seri IX5000 A3. Kalau kita mau untuk memperhatikan dari beberapa partnya, Canon seri IX6560 sangat berbeda jauh dari generasi sebelumnya yaitu canon IX4000 dan IX5000. Jadi untuk cara pemasangan tabung infusnya juga berbeda dengan ix5000. 

Posisi casing canon ix6560 ini jaraknya sangat dekat dengan pergerakan mekanik/carriage unit (dudukan katrid tinta). Maka pengaturan selang harus sesuai, tepat,  dan rapi agar selang tidak menyangkut dengan komponen lainya, sehingga pergerakan Head menjadi terganggu.


Berikut ini adalah beberapa cara memasang pada Printer IX6560

Dengan Cartridge Original
Cara ini lebih menghemat beaya karena kita tidak usah membeli Kit infus lengkap. Cara memasangnya yaitu langsung memasang selang pada katrid Original. Tentu dalam hal ini cartridge original harus bagus, kita harus menutup lubang udara yang berada di tengah cartridge dan harus membuat lubang baru untuk memasang selang infus. Saya sarankan untuk memasang tabung infus pada canon ix6560 ini jangan menambahkan Dumper pengatur aliran tinta, karena dumper ini nanti agak menghambar arus tinta, untuk printer seri ini dumper malah membuat printer tidak stabil saat printer digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Karena membuat aliran tinta dari tabung sering telambat dan mengakibatkan hasil cetakan jadi kurang sempurna.

Dengan Kit Infus Fullset
Cara ini adalah dengan mengganti cartridge original dengan Kit infus yang tersedia di pasaran. Cara ini mungkin agak mahal karena harga Kit Infus Fullset (lengkap) sekitar Rp.200.000 - Rp.250.000. Akan tetapi cara ini lebih mudah karena kita tidak usah membuat lubang jalur selang secara manual, karena sudah tersedia pada Kit Infusnya.

Catatan dan Kesimpulan
  • Pengisian Tinta pada Cartridge ix6560 yang akan di Infus jangan terlalu penuh, karena akan mengakibatkan aliran tinta yang terlalu deras dan akan mengakibatkan banjir, saran saya isi kurang lebih setengah Ink tank saja.
  • Jika anda menginginkan beaya lebih murah gunakan saja cartridge original.
  • Dengan menambahkan Tabung Infus pada Printer canon seri IX6560 ini lebih bagus menggunakan Kit Infus Fullset, karena lebih praktis, ukuran ink tank lebih pendek dari original, jadi rongga untuk instalasi selang infus menjadi lebih lebar. Selain itu Kit infus juga dilengkapi dengan alat tambahan yang dapat membuat aliran tinta pada sistem infus lebih stabil.
  • Saat Anda mencoba atau test print jangan membiarkan Cover printer selalu terbuka dan terkena cahaya yang terlalu terang, karena hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada sensor pendeteksi Ink Cartridge yang menggunakan sistem cahaya.
Demikianlah 'Cara dan Tehnik Memasang Tabung Infus Pada Printer Canon IX6560 ala Dokter Printer'. Semoga apa yang saya tulis pada kesempatan hari ini bisa bermanfaat bagi sahabat dokter printer semunay. Sekian dari saya dan terima kasih atas kunjungan anda..... ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url