Cara Ampuh Mengatasi Head Buntu Pada Printer Versi Dokter Printer

Bismillah, As-salamu'alaykum,,,. Selamat pagi sahabat dokter printer dimanapun anda berada. Pada kesempatan pagi yang cerah ini 1 agustus 2018, saya akan mencoba share sebuah artikel dengan judul 'Cara Ampuh Mengatasi Head Buntu Pada Printer'. Semoga tulisan ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi sahabat dokter printer semuanya.

Dalam proses penggunaan printer akan ada beberapa permasalahan yang akan Anda jumpai, namun terkadang Anda tidak menyadari bahwa kondisi printer Anda saat ini bisa saja tidak berada pada kondisi atau performa terbaiknya.

Salah satu diantara sekian banyak permasalahan pada printer yang seringkali ditemui oleh penggunanya adalah Head Printer yang mengalami kebuntuan/mampet. Apakah Anda salah satunya? Untuk memastikan hal itu semua, silahkan anda simak penjelasan berikut tentang tanda-tanda head printer Anda mengalami kebuntuan.

Ciri-ciri atau Indikasi Head Printer Buntu

  • Hasil Print Bergaris. Hasil print atau cetak dokumen yang bergaris, putus-putus, ataupun tidak komplit bisa menjadi salah satu indikasi head printer Anda mengalami kebuntuan.
  • Nozzle Check Tidak Maksimal. Jika nozzle check belum maksimal atau masih terdapat garis putus-putus pada hasil print nozzle check, maka hal ini dapat dijadikan salah satu tanda buntunya sebuah Head Printer.
  • Selang 'Masuk Angin'. Jika printer anda menggunakan sistem infus, penyebab selang masuk angin cukup variatif, salah satunya adalah terjadinya kebocoran udara di sekitar aliran yang dilewati tinta. Selang kemasukan angin bisa juga dijadikan indikator atau tanda terjadinya kebuntuan Head Printer Anda
Namun, Anda tidak usah khawatir jika menemui problem seperti ini. Karena saya akan membantu Anda untuk menemukan beberapa alternatif solusi untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Beberapa alternatif solusi yang saya tawarkan kepada sahabat bergantung pada tingkat kerusakan yang dialami Head Printer, diantaranya sebagai berikut :

Penyumbatan Ringan
Apabila penyumbatan terjadi pada Head Printer yang sifatnya ringan, Anda dapat memperbaikinya dengan melakukan proses cleaning menggunakan software bawaan printer. Namun, apabila masih belum dapat membantu maka lakukan deep cleaning melalui software bawaan printer juga.

Penyumbatan Sedang
Jika penyumbatan Head Printer bersifat sedang, maka solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai Toolkit Penyedot Cartridge. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan (spuit).

Penyumbatan Berat
Namun jika head printer pada cartridge Anda mengalami kebuntuan yang berat, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam Cartridge dengan menggunakan Head Cleaner. Lamanya perendaman tergantung pada tingkat kerusakan penyumbatan. Kemudian sobat juga bisa mengkombinasikan dengan sebuah Toolkit Penyedot Cartridge.

Demikian sobat postingan saya pada kesempatan pagi hari ini tentang 'Cara Ampuh Mengatasi Head Buntu Pada Printer'. Mudah-mudahan dan saya berharap semoga artikel ini bisa menjadi pencerah bagi sahabat dokter printer yang sedang mengalami masalah dengan head printer buntu/mampet.

Sekian, terimakasih atas kunjungan sahabat dan sampai ketemu lagi di postingan menarik berikutnya. Ikuti terus perkembanganya ya guys... See U... ☺
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url