Kenapa Head Printer Bisa Buntu atau mampet dan Bagaimana Solusinya?

Dokter printer -  Printer pada masa kini merupakan perangkat wajib yang hampir setiap orang membutuhkannya, mulai dari perseorangan, mahasiswa, perkantoran dll. Pernahkan anda mencetak file dokumen atau gambar kemudian yang dihasilkan dari printer tersebut putus-putus, tidak komplet, ada garis putih melintang ditengah-tengah tulisan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda mengalami seperti hal diatas itu dibisa dipastikan head katrid anda mengalami sumbatan atau buntu, jika head buntu maka hasil cetakan kita jadi jelek atau tidak sempurna. Head adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah printer inkjet, karena head inilah yang menentukan hasil akhir dari sebuah pencetakan printer, jadi menjaga head printer agar tetap dalam kondisi bagus adalah sesuatu yang harus dilakukan. 

Pada postingan dokter printer kali ini saya akan share bagaimana cara menjaga head katrid agar bisa awet dan tahan lama, karena kalau head ini rusak berarti anda harus mengganti katrid baru, dan telah kita ketahui bersama bahwasanya antara membeli katrid baru dengan membeli printer baru beaya yang harus dikeluarkanya hampir sama, betul kan sob? so, menjaganya adalah kewajiban para pengguna printer, dan berikut dibawah ini penyebab head cepet rusak sekaligus cara atau trik bagaimana menjaga head agar awet dan tahan lama :
  1. Printer jarang dipakai atau jarang digunakan, gunakan printer minimal satu minggu untuk mengeprint 2 kali walau sekedar untuk test print saja karena untuk menjaga head tetap basah.
  2. Jarang melakukan maintenance, untuk menjaga head biar selalu awet lakukan print head cleaning secara berkala.
  3. Sering berganti-ganti merk tinta, Gunakanlah satu merk tinta saja karena setiap tinta tingkat keenceran berbeda-beda.
  4. Terlambat melakukan pengisian tinta, Untuk menjaga agar tetep bagus jangan sampai kita terlambat dalam mengisi tinta, karena ketika printer melakukan kerja cetak dalam kondisi tidak ada tinta maka head akan panas dan mudah aus atau rusak.
Secara technical atau detail kita bisa mengambil contoh merk printer Epson, Printer epson mempunyai tingkat printing tinggi, satuan resolusinya disebut dengan Dpi (Dot per inch), artinya head printer epson di design sedemikian rupa sehingga nozzle pada head epson lebih kecil daripada head printer merk lainnya. Untuk ukuran lubang nozzle ini jauh lebih kecil dari pdan diameter rambut manusia, sobat bisa bayangkan bukan? saya kasih waktu 3 menit untuk membayangkannya, he he he,,,tingtung,,,berapakah diameter nozzlenya? ada yang tau? sama penulis juga tidak tau,,,jiahaha,,,,karena saking kecilnya maka head ini kemungkinan untuk buntu sangat besar sekali.

Demikianlah penyebab printer mampet atau buntu dan bagaimana cara atau solusi agar head tetap awet dan tahan lama, semoga apa yang saya tulis ini ada manfaatnya dan bisa menambah wawasan kita semua. Sekian postingan dokter printer kali ini sampai jumpa lagi di trik and tips berikutnya, Terima kasih :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url