Service Printer HP Mati Total

Dokter Printer - Cara service atau perbaiki printer seri HP Deskjet jenis 3325, 3535, 3744, 3920,3940, 2466, 1550 dll, Jika mengalami Mati total atau sering disebut dengan MATOT. Di Artikel kali ini Dokter Printer akan share rahasia cara perbaiki printer HP yang mengalami kerusakan MATOT alias mati total.

Printer HP yang mengalami mati total alias MATOT biasanya disebabkan karena 2 hal :
1. Karena Rusak Adaptornya. Coba kawan cek dulu Uotput adaptornya dengan menggunakan Multitester, ada tegangan output kisaran 32v dan 15v tidak? Kalau tidak ada berarti adaptor rusak dan  harus diganti, tapi kalau ada kita kelangkah yang kedua.
2. Kita bongkar Printer dan kita ambil Mainboardnya, kemudian kita cek di bagian dioda yang tampak seperti gambar di bawah ini.


3. Untuk bentuk detail diodanya seperti gambar dibawah ini.


4. Kemudian sobat cek diodanya dengan menggunakan multitester. Caranya arahkan penunjuk multitester ke arah Ohm meter x10, kemudian colokan ujungnya masing-masing ke kaki dioda, kemudian dibalik ujungnya. Apabila semua jarum bergerak ketika kita test bolak-balik tadi maka Dioda short / rusak, tp kalau cuma sekali saja bergeraknya maka Dioda dalam keadaan baik alias bagus. he he...


5. Jika ternyata Diodanya short / rusak, carilah dioda pengganti yang ukuranya 2 ampere. Kemudian gantilah dioda yang rusak dengan dioda yang baru. Contoh dioda 2 ampere.

6. Setelah dilakukan penggantian, coba sobat lakukan test dulu sebelum board kita pasangkan kembali supaya kita tidak kerja dua kali, dengan cara mencolokkan adaptornya ke mainboard kemudian pencet sklarnya, jika lampu power menyala kedip-kedip berarti sobat berhasil. horerrr......berhasil......

saking senangnya lidahnya jadi nyindet....wkkk....:D, akan tetapi sobat Dokter Printer semunya apabila langkah tadi kita tidak berhasil juga berarti kerusakan sudah menjalar ke IC Chipset. Sobat harus LEM BIRU tuh Mainboard (Lempar beli yang baru maksudnye...:) ), kisaran dananya 175an ribu.

Selamat Mencoba kawan.....SEMOGA BERHASIL...!!!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url